Target 5 Juta Wisatawan, Pemerintah Kabupaten Bebenah Pangandaran

Siapa yang tak mengenal Pangandaran? Kabupaten yang berlokasi di selatan Jawa ini merupakan objek wisata yang menawarkan pemandangan cantik dari pantainya yang memukau. Selain itu, Pangandaran pun memberikan pengalaman yang mungkin jarang dijumpai wisatawan, yakni menikmati matahari terbit dan matahari terbenam di satu titik yang sama. Maka tak heran kalau sampai sekarang kawasan wisata tersebut dipadati turis sepanjang tahun.

Wisatawan lokal masih mendominasi Pangandaran

Wisatawan yang menyambangi Pangandaran tergolong beragam. Namun, meski ada sejumlah turis dari luar negeri yang datang, kenyataannya turis lokal masih mendominasi objek liburan tersebut. Hal inilah yang lantas mendorong Pemerintah Kabupaten Pangandaran untuk melakukan tata kawasan wisata agar tempat tersebut semakin mengundang atensi turis. Bahkan untuk 2018, mereka menargetkan kunjungan wisatawan hingga lima juta orang.

Target tersebut disampaikan langsung oleh Jeje Wiradinata selaku Bupati Pangandaran. Angkanya memang dua kali lipat dari 2017. Seperti yang telah disebutkan, turis domestik masih mendominasi data kunjungan sampai 99% pada tahun lalu dengan total kunjungan mencapai tiga juta orang.

Upaya-upaya yang dilakukan Pemkab Pangandaran

Dalam rangka mewujudkan target tadi, pihak pemkab pun melakukan sejumlah pembenahan. Sebut saja penataan pedagang yang berjualan di sekitar pantai Pangandaran. Pemkab berharap hal tersebut akan membuat pantai lebih bersih, sehingga tidak mengganggu wisatawan. Kemudian, pemerintah juga mulai memperbanyak jumlah rambu serta penerangan di jalan yang sering dilewati kendaraan. Dengan begitu, angka kecelakaan maupun kriminalitas dapat ditekan.

Khusus tahun ini, Pemkab memfokuskan perhatian mereka terhadap wahana anyar yang ada di kawasan Pangandaran. Rencananya, lampu-lampu akan dipasang dengan target selesai Oktober untuk di wahana Pangandaran Aquarium. Kemudian, Pemkab menekankan pula agar turis yang bertandang ke sana tidak terlalu memusingkan perkara pungutan liar atau pungli. Mereka pun berkomitmen untuk menindak oknum yang mempraktikan tindakan tersebut.

Jika wisatawan kebetulan melihat atau mengalami pungutan liar, jangan sungkan untuk melaporkannya ke Pemerintah Kab. Pangandaran supaya laporan itu dapat langsung diproses dan ditindaklanjuti.

You May Also Like

About the Author: Valley Pumpkin Fest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *